|

Hakikat Pendidikan & pembelajaran di TK/RA/BA


Oleh : Drs. Syamsul Arif, M.Pd
Nabi Muhammad SAW bersabda: “Didiklah anak anda dalam 3 tahap, yaitu (1) Tujuh tahun pertama ajarkanlah ia sambil bermain, (2) Tujuh tahun kedua ajarkanlah ia dengan Disiplin Ilmu, dan (3) Tujuh tahun ketiga ajaklah ia sebagai teman. (HR. Ahmad)

Landasan Dasar Pendidikan
          Wittrock, perkembangan anak berkaitan dengan perkembangan struktur otak yang sangat penting untuk pengembangan kapasitas berpikir manusia
          Jean Piaget, mengemukakan anak belajar melalui interaksi dengan lingkungannya dan guru berperan sebagai fasilitator
          Lev Vigostsky meyakini pengalaman interaksi sosial sangat penting bagi perkembangan proses berpikir anak
          Howard Gardner menyatakan tentang kecerdasan jamak dalam perkembangan manusia

Rasional :
  •  Masa TK/RA (4-6 tahun) merupakan masa keemasan (golden age) dimana peran    stimulasi lingkungan yang kondusif  dan dilakukan dengan cara bermain akan dapat mengembangkan pertumbuhan otak dan seluruh potensi anak. Karena:
  •  Merupakan masa peka bagi anak. Masa untuk meletakkan dasar pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosional, konsep diri, disiplin, kemandirian, seni, moral, dan nilai-nilai agama. 
  •  Merupakan masa perkembangan kecerdasan yang pesat. Kecerdasan pada masa ini dapat meningkat dari 50% menjadi 80%.
TK/RA/BA adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
TK/RA/BA bertujuan mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Manfaat Bagi Anak :
  •  Hampir seluruh aspek perkembangan anak tumbuh dan berkembang  lebih baik dibandingkan anak yang tidak masuk TK/RA
  •   Memiliki kemampuan lebih tinggi dibandingkan anak yang tidak masuk TK/RA
  •   Tidak akan mengalami pengulangan kelas saat di kelas I dibandingkan anak yang tidak masuk TK/RA
  • Lebih siap bersekolah dibandingkan anak yang tidak masuk TK/RA

Posted by paspie on 20.14. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response