|

Karakter Guru Berkompetensi dalam Pembelajaran


KARAKTER GURU BERKOMPETENSI DALAM PEMBELAJARAN

By Drs. Syamsul Maarif, M.Pd Pada Pembinaan Guru PAI dan Madarasah
Kabupaten Tanjung Jabung Timur  Tanggal 8 Desember 2011
Guru sebagai pengembang Kurikulum harus dapat memahami dan menghayati pentingnya kompetensi yang dimiliki oleh setiap tamatan pendidikan, untuk itu setiap tamatan lembaga pencetak guru seperangkat kompetensi berisikan kemampuan-kemampuan dasar guru dalam melaksanakan profesi keguruan yang terdiri dari :
1.        Menguasai Bahan Pelajaran
Ø  Menguasai Ilmu Pengetahuan yang diajarkan
Ø  Mengetahui Sikap yang diinginkan
Ø  Memahami Nilai yang dituntut
Ø  Menguasai Keterampilan yang diinginkan
2.        Mengelola Program Pembelajaran
Ø  Merumuskan Desain Intruksional
Ø  Menggunakan Matode Pembelajaran yang efektif
Ø  Merencanakan dan Melaksanakan Program Remedial
3.        Mengelola Kelas
Ø  Mengatur Tata Ruang Kelas untuk kegiatan pembelajaran
Ø  Menciptakan Iklim Pembelajaran yang Harmonis dan Menyenangkan
Ø  Mengembangkan Komunikasi Pembelajaran dari 1 arah sampai berbagai arah
4.        Menggunakan Media dan Sumber Belajar
Ø  Mengenal, Memilih dan Menggunakan Media dalam Pembelajaran
Ø  Mampu membuat alat-alat bantu pembelajaran
Ø  Mampu Mengelola dan menggunakan Laboratorium untuk keperluan Belajar
5.        Melaksanakan Penilaian Hasil Belajar Siswa
Ø  Mengetahui Kode Etik Penilaian
Ø  Menjalankan Misi Penilaian, Pengukuran dan tes
Ø  Memahami Bentuk-bentuk Penilaian yang valid, terpercaya, efektif dan akurat
6.        Mengenal dan menyelenggarakan Administrasi Sekolah
Ø  Mengenal arti penyelenggaraan administrasi dan tugas-tugas ketatausahaan untuk kegiatan Pembelajaran
Ø  Memenuhi tugas-tugas administrasi untuk keperluan layanan akademik
7.        Mengenal Fungsi dan Program Pelayanan BP
Ø  Mengenal fungsi dan program layanan dan penyuluhan di sekolah
Ø  Menyelenggarakan Program Bimbingan dan Penyuluhan untuk kepentingan peningkatan mutu akademik dan proses pembelajaran
8.        Menguasai Landasan-Landasan Kependidikan
Ø  Mengetahui azas-azas pendidikan; agama, falsafah negara, psikologi, budaya, ekonomi, estetika dan politik
Ø  Mengetahui perundang-undangan dan aturan-aturan lain yang berkaitan dengan pendidikan
9.        Memahami Prinsip dan Menafsirkan Hasil Penelitian Pendidikan
Ø  Mengetahui arti penelitian bagi pengembangan aktivitas pembelajaran
Ø  Melaksanakan penelitian pendidikan untuk peningkatan mutu pembelajaran
Ø  Memahami dan menafsirkan hasil-hasil penelitian untuk Inovasi Pembelajaran

Posted by Administrator on 03.42. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response