KARAKTER GURU
OLEH: Drs. Syamsul Maarif,
M.Pd
Guru sebagai pengembang
Kurikulum harus dapat memahami dan menghayati pentingnya kompetensi yang
dimiliki oleh setiap tamatan pendidikan, untuk itu setiap tamatan lembaga
pencetak guru seperangkat kompetensi berisikan kemampuan-kemampuan dasar guru
dalam melaksanakan profesi keguruan yang terdiri dari :
1.
Menguasai Bahan Pelajaran
Ø Menguasai Ilmu
Pengetahuan yang diajarkan
Ø Mengetahui Sikap yang
diinginkan
Ø Memahami Nilai yang
dituntut
Ø Menguasai Keterampilan
yang diinginkan
2.
Mengelola Program Pembelajaran
Ø Merumuskan Desain
Intruksional
Ø Menggunakan Matode
Pembelajaran yang efektif
Ø Merencanakan dan
Melaksanakan Program Remedial
3.
Mengelola Kelas
Ø Mengatur Tata Ruang Kelas
untuk kegiatan pembelajaran
Ø Menciptakan Iklim
Pembelajaran yang Harmonis dan Menyenangkan
Ø Mengembangkan Komunikasi
Pembelajaran dari 1 arah sampai berbagai arah
4.
Menggunakan Media dan Sumber Belajar
Ø Mengenal, Memilih dan
Menggunakan Media dalam Pembelajaran
Ø Mampu membuat alat-alat
bantu pembelajaran
Ø Mampu Mengelola dan
menggunakan Laboratorium untuk keperluan Belajar
5.
Melaksanakan Penilaian Hasil Belajar Siswa
Ø Mengetahui Kode Etik
Penilaian
Ø Menjalankan Misi
Penilaian, Pengukuran dan tes
Ø Memahami Bentuk-bentuk
Penilaian yang valid, terpercaya, efektif dan akurat
6.
Mengenal dan menyelenggarakan Administrasi Sekolah
Ø Mengenal arti
penyelenggaraan administrasi dan tugas-tugas ketatausahaan untuk kegiatan
Pembelajaran
Ø Memenuhi tugas-tugas administrasi
untuk keperluan layanan akademik
7.
Mengenal Fungsi dan Program Pelayanan BP
Ø Mengenal fungsi dan
program layanan dan penyuluhan di sekolah
Ø Menyelenggarakan Program
Bimbingan dan Penyuluhan untuk kepentingan peningkatan mutu akademik dan proses
pembelajaran
8.
Menguasai Landasan-Landasan Kependidikan
Ø Mengetahui azas-azas
pendidikan; agama, falsafah negara, psikologi, budaya, ekonomi, estetika dan
politik
Ø Mengetahui
perundang-undangan dan aturan-aturan lain yang berkaitan dengan pendidikan
9.
Memahami Prinsip dan Menafsirkan Hasil Penelitian
Pendidikan
Ø Mengetahui arti
penelitian bagi pengembangan aktivitas pembelajaran
Ø Melaksanakan penelitian
pendidikan untuk peningkatan mutu pembelajaran
Ø Memahami dan menafsirkan
hasil-hasil penelitian untuk Inovasi Pembelajaran (Ketua Pokjawas kemenag tanjabtim)